Jumat, 03 Agustus 2012

Resep kue kering putri salju dan tips agar tidak keras





kue kering putri salju saya yakin semua orang sudah pernah mencicipinya. kue kering ini memang merupakan salah satu aneka kue yang klasik yang selalu ada apalagi pada saat hari raya idul fitri. Walaupun klasik dan semua orang bisa membuatnya, namun untuk membuat kue kering putri salju yang enak empuk (tidak keras) dan gula halusnya mau menempel ternyata tidak semudah itu. Diperlukan tekhnik dan takaran yang pas saat membuat kue putri salju agar enak renyah saat dimakan dan rasa manis gulanya ikut terbawa.
Pada umumnya kenapa kue salju agak keras adalah takaran antara mentega (atau margarin) dan tepung terigu yang tidak seimbang. Biasanya jika kue putri salju agak keras disebabkan takaran terigu yang tinggi, sebaliknya jika terlalu empuk karena takaran mentega (atau margarin) yang terlalu tinggi. Tips lainnya agar kue tidak keras adalah saat mentega (atau margarin) dikocok dan juga saat adonan diaduk, jangan melakukannya terlalu kuat. Ini disebabkan karena lemak akan leleh dan kue menjadi keras serta tidak renyah. Sedangkan menganai gula agar menempel  di kue putri salju, jika perlu gunakan gula bubuk khusus untuk donat. Yang kedua lapisi kue saat panas supaya gula dapat menempel kuat pada kue.

Yang harus disiapkan
150 gram margarin
150 gram mentega
100 gram gula bubuk
2 butir kuning telur
200 gram kacang mete yang sudah dihaluskan
350 gram tepung terigu
40 gram tepung maizena
40 gram susu bubuk

Bahan taburan (diaduk merata) :
100 gram gula bubuk
40 gram susu bubuk

CARA MEMBUAT KUE PUTRI SALJU - RESEP KUE KERING PUTRI SALJU :

1. Campurkan mentega, margarin beserta gula bubuk sambil dikocok menggunakan mixer sampai merata.
2. Tambahkan kuning telur, lanjutkan dikocok merata. Tambahkan kacang mete, diaduk merata.
3. Sedikit demi sedikit masukan tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk. Lakukan sambil terus diaduk merata.
4. Buat adonan tadi berbentuk sesuai selera anda, simpan diatas loyang yang telah disemir margarin.
5. Bakar pada oven 160 C dalam waktu 15 menit atau hingga kue matang.
6. Angkat. Saat masih hangat gulingkan pada bahan taburan agar gula bisa menempel erat

Catatan  : Apabila adonan lembek dan sulit dibentuk, sebaiknya jangan ditambah terigu (dikhawatirkan nanti kue keras jika terlalu banyak terigu). Cara mengatasinya simpan adonan pada lemari es. Jika sudah agak beku, baru adonan siap dibentuk
Walaupun termasuk kue klasik kue kering putri salju akan selalu istimewa jika disajikan saat hari raya. Yuk kita buat kue kering putri salju

Tips agar kue kering tidak keras


Jelang lebaran, semua sibuk menyiapkan sajian buat tamu. Kue kering pun menjadi tradisi yang wajib tersedia di rumah. Sebab, lebaran adalah saatnya bersilahturahim, saling mengunjungi sanak saudara hingga kerabat.

Berbagai resep kue kering yang enak pasti bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Sayangnya, tidak semua resep tersebut bisa menghasillkan kue kering yang sempurna seperti yang Anda inginkan.

"Sebaiknya jangan menelan mentah-mentah semua resep kue yang dibaca. Resep hanya sekadar panduan, namun hasilnya mengikuti selera Anda," tukas Chef Bara Pattiradjawane kepada Kompas Female, sesaat setelah demo masak Colorful Ramadhan di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/7/2012) lalu.

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika membuat kue kering adalah teksturnya yang terlalu keras. Menurut Bara ada beberapa penyebab kue kering ini bisa menjadi keras, antara lain:

1. Pemanggangan terlalu lama
Selain kue jadi lebih cepat gosong, pemanggangan aneka kue yang terlalu lama juga akan membuat kue kering jadi terlalu keras. "Waktu ideal pemanggangan kue kering maksimal 20 menit," tukasnya. Sedangkan tingkat panas yang digunakan berkisar antara 130-170 derajat Celcius. Ia menambahkan bahwa tingkat panas ini tergantung pada jenis dan adonan kue. Semakin cair tekstur adonan (misalnya pada kue sagu keju, semprit dan lain-lain) ini maka temperatur yang dibutuhkan pun semakin tinggi. Sedangkan untuk jenis kue yang mudah dicetak atau dibentuk seperti nastar atau kastengel maka temperaturnya sekitar 130 derajat celcius.

2. Komposisi tidak seimbang
Perhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue kering. Pastikan perbandingan antara bahan-bahan tersebut tepat, terutama tepung dan lemaknya. "Perbandingan yang paling tepat antara tepung dan lemak adalah 2 : 1," jelasnya. Jika tepung terlalu banyak, maka kue akan menjadi keras, dan jika lemak terlalu banyak maka kue akan melebar dan rapuh.

3. Kurang telur
Salah satu penyebab kue menjadi keras adalah karena kurang telur. Di dalam pembuatan kue kering, telur tak hanya berguna untuk mengembangkan kue, tapi berfungsi juga sebagai pengempuk kue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar